Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Faktor Penyebab Badan Mudah Gemuk

Kamu mungkin akan bertanya-tanya kenapa tubuhmu terus bertambah gemuk meskipun sudah bener-bener diet dan mengurangi porsi makanmu.

Dan mungkin kamu juga merasa iri kepada orang yang makannya selalu banyak namun tubuhnya tetap ideal.

Tanpa kamu sadari beberapa faktor ini juga mempengaruhi badanmu yang semakin gemuk meskipun kamu cuma makan sedikit.

Meskipun terlihat sepele namun hal ini juga bisa mempengaruhi berat badanmu yang semakin gemuk.

4 Faktor Penyebab Badan Mudah Gemuk :

1. Terkena Hipotiroidisme

sayuran

Berat badan tetap saja naik meskipun Cuma sedikit makan?

Ada kemungkinan kamu terkena penyakit Hipotiroidisme, dimana kondisi kelenjar tiroid kurang aktif sehingga tidak memproduksi hormon dengan cukup.

Hal ini bisa saja memicu meningkatnya berat badan dengan mudah.


2. Mengalami Stres

stress

Saat kamu sedang stres hormon kortisol akan mengalami peningkatan dan bisa memicu penumpukan lemak pada perut dengan cepat meskipun sebenarnya kamu cuma makan sedikit.

Jadi stres bisa berpengaruh pada naiknya berat badan.


3. Kurang Tidur

kurang tidur

Kurangnya tidur bisa memicu munurunnya fungsi hormon leptin dan ghrelin, hormon pengendali nafsu makan di dalam tubuh. Jadi jika kamu kurang tidur maka kamu akan lebih mudah untuk menaikkan berat badan. Jadi jangan menyepelekan pentingnya waktu tidur yang cukup dan berkualitas.


4. Salah Memilih Makanan

hati-hati milih makanan

Memilih makanan yang kurang tepat juga merupakan alasan kenapa kamu mudah bertambah gemuk meskipun hanya mengkonsumsi sedikit makanan.

Sebagai contoh, Di pagi hari kamu hanya makan sepotong kue yang sebenarnya kue tersebut kaya akan kandungan gula dan kalori, hal ini tentu saja akan membuat kamu menjadi lebih gemuk.

Jadi jika kamu ingin menjaga berat badan agar tetap ideal, maka perhatikanlah seberapa banyak kandungan gula dan kalori dari makanan yang ingin kamu makan.

Jadi mulai sekarang berhati-hatilah dengan faktor-faktor yang ternyata bisa membuatmu menjadi lebih gemuk tanpa kamu sadari, terutama dalam memilih makanan dan mengedalikan stres, sebaiknya kamu juga memperbaiki waktu tidurmu demi untuk menjaga tubuhmu tetap ideal.