Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Gejala Awal Terkena Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomer satu di dunia. Selain orang dewasa, anak-anak juga bisa terkena penyakit jantung, maka dari itu penyakit jantung adalah penyakit yang harus kita waspadai.
Penyakit jantung bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, kurang olahraga, cara diet yang tidak sesuai, dan stres.


10 Gejala Awal Terkena Penyakit Jantung :

1. Nyeri Pada Bagian Dada

Meski tidak semua nyeri dada adalah tanda dari gejala penyakit jantung, tetapi bisa juga berhubungan dengan penyakit lainnya. Namun, salah satu tanda umum penyakit jantung adalah nyeri dada.
Jika kondisi nyeri dada merupakan ciri penyumbatan arteri sehingga menyebabkan darah tidak mengalir keseluruh tubuh maka penderita bisa menjadi lemah dan mati rasa.

2. Kelelahan

Bila kamu sering merasa capek meski tidak melakukan aktivitas berat atau merasa capek saat baru bangun tidur. Segera tanyakan saja ke dokter terdekat, mungkin saja terdapat indikasi adanya masalah kesehatan jantungmu.

3. Gampang Keringetan

Kebanyakan orang akan berkeringat jika dia melakukan olahraga atau sedang berada dalam cuaca yang panas. Namun, jika tubuhmu mengeluarkan keringat meski kamu tidak melakukan kegiatan apapun. Kamu harrus waspada karena bisa saja ini adalah ciri jantung kamu bermasalah.

4. Sakit Kepala

Jika sakit kepala seseorang terjadi waktu terkena tuturan sinar, biasanya mereka memiliki masalah pada jantungnya,  denyut jantung bisa terpengaruh lebih lambat atau lebih cepat.
Kamu harus waspada, terlebih pada wanita yang mengalami migren 2 kali dalam sebulan. Mungkin saja itu merupakan tanda dari perubahan penyakit jantung.

5. Cemas

Mereka yang dulu pernah mengalami serangan jantung seringkali mengalami ketakutan, ketegangan, dan khawatir pada kematian. Karena banyak orang yang meyakini bahwa serangan jantung akan berbuntun pada rasa trauma.

6. Mual-mual

Gejala penyakit jantung biasanya dimulai dari pembengkakan bagian perut. Hal ini mengakibatkan penderita  kehilangan nafsu makan dan juga merasakan mual berlebih.

7. Sesak Nafas

Sesak nafas terjadi karena pembuluh darah yang menghambat aliran darah keseluruh tubuh. Sehingga mengakibatkan denyut jantung tidak beraturan, penebalan pada otot jantung, dan kelainan pada katup jantung.

8. Pembengkakan

Gejala lain yang menandakan bahwa jantung dalam keadaan yang kurang baik dan terjadi kelainan pada katup jantung adalah pembengkakan yang terjadi pada saat cairan menumpuk di dalam tubuh. Pembengkakan biasanya terjadi di pergelangan kaki dan perut.

9. Sakit Pada Bagian Tubuh

Rasa sakit yang disebabkan karena arteri tersumbat, rasa sakit ini bisa dirasakan ada bagian lengan kiri, bahu, leher, pinggung siku yang kadang datang dan terkadang pergi dengan sendirinya.
Umumnya pada wanita akan merasakan sakit pada lengan kiri dan juga tangan kanannya.

10. Denyut Jantung Teratur

Denyut jantung tidak teratur biasanya terjadi karena ada penebalan otot pada katup jantung. Hal ini bisa mengakibatkan penyempitan pada katup sehingga bisa mengakibatkan kebocoran.
Kamu harus hati-hati jika denyut jantungmu tidak beraturan karena bisa berakibat fatal.

Nah, itu tadi adalah 10 gejala awal yang kemungkinan bisa terkena penyakit jantung. Jadi sebaiknya kamu mulai hidup sehat dengan memakan makanan yang bersahabat dengan jantung.