Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Mitos Tentang Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh manusia.

Banyak orang yang beranggapan kalau penyakit diabetes ini sulit untuk disembuhkan dan mampu menurunkan kualitas kehidupan seseorang.

Selain menjadi penyakit yang di anggap mengerikan, diabetes juga banyak menyimpan mitos yang dipercayai banyak orang. Lalu, apa saja mitos-mitos seputar penyakit diabetes itu?

 

3 Mitos Tentang Penyakit Diabetes :

1. Penyakit Diabetes Adalah Penyakit Yang Mematikan

Banyak orang yang beranggapan kalau penderita diabetes bisa saja sangat menderita karena berbagai masalah akan muncul pada kesehatannya.

Diabetes bisa menyebabkan kematian dalam waktu setiap tujuh detik di seluruh dunia.

Diabetes memang bukanlah penyakit yang bisa menular namun angka itu sangat menunjukan kalau penyakit diabetes merupakan penyakit yang mematikan.

Penyakit ini sangat berkaitan dengan faktor genetika serta gaya hidup seseorang yang tidak sehat.

2. Penyakit Diabetes Sering Terjadi Pada Laki-laki

Mitos yang mengatakan kalau penyakit diabetes cenderung menyerang pada laki-laki terutama pada laki-laki yang memiliki berat badan yang berlebih adalah tidak benar, sebab baik laki-laki maupun wanita sama-sama memilki resiko untuk terkena diabetes.

Bahkan, anak-anak muda juga bisa terkena diabetes karena gaya hidupnya yang tidak sehat. Apakah kamu tahu kalau diabetes tidak selalu menyerang orang-orang gemuk?

3. Penderita Diabetes Harus Memperbanyak Makan Makanan Sehat

Penderita penyakit diabetes memang harus menata ulang konsumsi karbohidrat hariannya dan memperbanyak makan makanan sehat.

Penderita diabetes harus terus mengatur pola makannya agar menjadi semibang dan sehat. Penderita diabetes harus benar-benar mengatur asupan karbohidratnya sesuai dengan porsinya agar tidak kelebihan karbohidrat maupun kekurangan.

Jadi memakan buah-buahan secara berlabihan juga kurang baik bagi penderita diabetes karena buah-buahan banyak yang mengandung karbohidrat dan asupan gula.

Pasalnya untuk menurunkan resiko terkena diabetes, kita harus memperbaiki gaya hidup kita yang tidak sehat, menjaga pola makanan sehat yang kita konsumsi setiap harinya, dan meningkatkan olahraga secara rutin.

Jadi jangan pernah kamu berpikiran jika mencegah penyakit diabetes adalah hal yang sulit untuk dilakukan.