Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Jenis Kanker Yang Sering Terjadi Pada Anak

Tidak Cuma orang dewasa saja yang bisa terkena penyakit kanker, karena anak-anak ternyata banyak yang menderita kanker. Lalu, kanker apa saja yang biasa atau sering terjadi pada tubuh anak-anak?


8 Jenis Kanker Yang Bisa Terjadi Pada Anak :

1. Osteosarkoma (Kanker Tulang)

Kanker tulang adalah salah satu kanker yang paling banyak dijumpai pada anak. Kanker tulang biasanya terjadi pada anak yang berusia 10 sampai 20 tahun.

Gejala Kanker tulang yang harus kamu perhatikan pada anak :

Terjadinya pembengkakan pada tulang yang progresif, biasanya disertai dengan rasa nyeri dan demam dan ada pula yang disertai trauma seperti jatuh yang tidak jelas pemicunya (Terjadi Benturan).

2. Kanker Ginjal

Kanker ginjal juga merupakan jenis kanker yang sering dijumpai pada anak.

Yang paling banyak terkena kanker ginjal adalah anak yang baru berusia 3 sampai 4 tahun.

Gejala-gejala kanker ginjal yang sering dialami oleh penderitanya :

Kanker ginjal biasanya ditandai dengan kencing berdarah, rasa yang tidak enak di dalam perut dan bila kanker tersebut sudah mulai membesar maka dapat teraba sebagian perutnya yang membesar dan keras. Namun gelaja dini pada kanker ginjal memang sulit untuk terdeteksi.

3. Leukemia (Kanker Darah)

Leukemia merupakan penyakit kanker yang paling banyak terjadi pada anak, Usia paling tinggi yang menderita kanker darah ini adalah 3 sampai 6 tahun.

Gejala-gejala yang mungkin terjadinya leukimia adalah :

Demam yang tidak jelas apa penyebabnya, Merasakan nyeri pada tulang, Nafsu makan berkurang, Pucat yang dibarengi rasa lesu dan lemah, Perdarahan abnormal yang terlihat pada kulit, Perut terasa keras karena membengkak, dan terjadinya kelenjar getah bening yang bengkak.

4. Tumor Otak

Tumor yang menyerang bagian otak, Baik itu tumor ganas maupun jinak pasti akan memberikan masalah yang besar pada otak.

Dampak yang ditimbulkan oleh tumor otak adalah rusaknya struktur serta fungsi susunan saraf pusat.

Gejala Tumor Otak yang biasa terjadi :

Biasanya penderita tumor otak akan mengalami sakit kepala yang disertai mual dan muntah yang menyembur, Terdapat gangguan saat berbicara atau gangguan pada keseimbangan anggota gerak menjadi lumpuh (melemah) atau kejang.

Sementara pada bayi biasanya ditandai dengan ubun-ubun besarnya menonjol.

5. Retinoblastoma

Retinoblastoma adalah kanker yang terjadi di retina mata.

Gejala dari kanker ini adalah ;

Bola mata jadi tampak menonjol, Penglihatan juga terganggu atau mata menjadi juling pada stadium lanjut, dan bercak putih di bagian retina yang akan bersinar bila terkena cahaya.

6. Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening biasanya disertai dengan gejala anak menjadi lemah, lesu, dan nafsu makan menurun, serta pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening yang progresif di ketiak, leher, atau selangkangan.

Umumnya gejala ini tidak disertai tanda infeksi.

7. Neuroblastoma

Kanker ini bisa timbul di berbagai bagian tubuh namun bagian yang sering mengalami neuroblastoma adalah kelenjar anak ginjal.

Gejala yang biasa terjadi ;

Kelopak mata menjadi bengkak dan berwarna biru, kelopak mata juga tampak turun, dan bola mata mnonjol. Munculnya benjolan di kepala serta kelumpuhan mendadak.

8. Rabdomiosarkoma (Kanker Otot Lurik)

Kanker ini dapat terjadi dimana saja, pada anak biasanya terjadi di kepala, leher, dan kandung kemih. Kanker ini ditandai dengan mata menonjol.