Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Mengatasi Perut Kembung

cara mengatasi perut kembung

Kembung adalah peningkatan diameter di daerah perut sehingga perut terasa sangat penuh dan dapat mengakibatkan sakit perut.

Perut kembung terjadi karena adanya gas yang berlebih yang menimbulkan rasa tak nyaman, jadi masalah perut kembung bisa dialami oleh semua orang termasuk juga pada bayi.

Kebanyakan orang saat mengalami perut kembung biasanya akan berusaha untuk menghilangkan gas yang berlebih tersebut dari dalam tubuhnya dengan cara buang angin dan bersendawa.

Sayangnya buang angin dan bersendawa bukanlah hal yang bisa untuk terus dipaksakan.

Namun selain itu ada juga tips-tips untuk mengatasi perut kembung.

6 Tips Sederhana Untuk Mengatasi Perut Yang Kembung :

1. Kurangi Asupan Garam

jangan banyak banyak makan garam

Kurangilah asupan garam dengan mengkonsumsi makanan-makanan segar, seperti buah-buahan atau daging segar yang belum di proses menjadi sosis atau hot dog.

Perhatikan juga label dari produk-produk makanan yang ingin kamu beli dan pilihlah makanan-makanan yang memiliki nilai kandungan garam yang rendah.

2. Perbanyakin Bergerak

banyakin gerakan coy

Jika perutmu terasa kembung maka segeralah bangkit dari tempat dudukmu dan mulailah melakukan olahraga ringan untuk mengurangi rasa kembung tersebut.

3. Jangan Minum Alkohol

jangan pernah minum alkohol

Saat perut terasa kembung maka sebaiknya hindarilah minum minuman manis dan beralkohol.

Selain bisa memabukan dan bikin dosa ternyata minuman beralkohol juga bisa buat perut kembung ya.

Kamu juga harus mewaspadai kandungan gula yang terdapat dalam minuman yang ingin kamu minum yang bisa saja akan menambah rasa kembung.

4. Membatasi Makan

atur pola makan donk

Sebaiknya makanlah 4-6 makanan kecil dalam sehari dan cobalah untuk makan secara perlahan-lahan.

Sebab makan dalam jumlah porsi yang kecil adalah cara terbaik untuk melawan perut kembung serta bisa membantu dalam proses penurunan berat badan.

5. Teratur Dalam Mengkonsumsi Susu

jangan suka nyusu

Susu adalah minuman yang penuh akan kandungan gula yang alami yang dapat menganggu proses pencernaan dan bisa mengakibatkan perut menjadi kembung.

Selain kamu tidak boleh banyak-banyak meminum susu, kamu juga dilarang mengkonsumsi yogurt dan keju saat perut kembung karena bisa menimbulkan kram.

6. Hidrasi

jangan malu minum air puth

Jika kembung yang kamu alami itu akibat makanan yang tidak kamu cerna dengan baik serta kurangnya asupan air dalam tubuh.

Maka meminum beberapa gelas air putih bisa membantu menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh.

Dan pastikan kamu tidak meminum minuman yang bersoda.