Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Terkena Demensia

Demensia adalah suatu jenis penyakit yang terjadi pada orang secara perlahan serta sulit untuk disiagnosis sebab banyak juga orang yang menganggap hal tersebut adalah bagian dari proses penuaan.

Demensia merupakan penyakit yang menyerang kognisi seseorang.

Efek yang menonjol dari demensia adalah selain konsentrasi, memori, penalaran logis, kemampuan perencanaan dan kemampuan berbahasa semuanya akan memburuk.

Untuk itu tidak ada salahnya jika kamu mengetahui tanda-tanda awal dari penyakit ini, agar kamu juga bisa mengambil langkah yang lebih tepat dimasa yang akan datang.

Beberapa faktor yang bisa disebut sebagai indikasi awal munculnya penyakit ini adalah ;

5 Gejala Awal Demensia

1. Gangguan Tidur

kurang tidur nih ane

Jika kamu termasuk orang yang suka begadang dan kekurangan waktu tidur maka otak tidak akan mendapatkan waktu yang cukup untuk meregenerasi dan memperbaiki sel-sel otak yang harus diperbaharui.

Dan hal inilah yang akan mengakibatkan akan adanya kerusakan kognitif secara ringan dikarenakan ritme sirkardian melemah.

Kelelahan juga bisa meningkatkan resiko demensia jika kamu kurang beraktivitas di pagi hari.

2. Jalannya Lambat Banget Kayak Siput

jalan kaya siput

Gaya berjalanmu sehari-hari juga bisa sebagai tanda apakah kamu termasuk orang yang terkena Alzheimer yang akan menyebabkan demensia atau tidak.

Jika kamu merasa sudah berjalan dengan cepat namun orang lain menganggap jalanmu itu lambat, maka ada kelainan dengan gaya berjalanmu.

3. Kesulitan Saat Mengunyah

susah banget di kunyah

Penyakit demensia juga bisa mengakibatkan seseorang menjadi kesulitan untuk mengunyah makanan keras seperti apel, hal ini dikarenakan ketidakmampuan mengunyah bisa menyabebkan aliran darah ke otak menurun sehingga membuat otak tidak fresh.

4. Kelebihan Berat Badan

kok cepet gemuk sih

Sudah banyak yang menjadikan kelebihan berat badan menjadi munculnya masalah yang serius termasuk demensia.

Orang yang kelebihan berat badan biasanya hanya melakukan sedikit aktivitas serta juga tidak banyak melakukan olahraga sehingga otak tidak mendapat banyak asupan oksigen.

5. Merasa Sedih

kucingnya lagi sedih

Sering merasakan sedih ternyata tidak hanya buruk untuk kesehatan emosional, namun juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Depresi bisa menimbulkan resiko tiga kali lipat untuk terkena Alzheimer yang bisa menyebabkan demensia, hal ini dikarenakan saat seseorang depresi maka tidak bannyak dopamin yang diproduksi oleh otak sehingga membuat otak tertekan dan kelelahan.