Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jenis Makanan Yang Sering Menimbulkan Alergi

Pernahkah kamu mendengar orang yang katanya alergi terhadap makanan?

Ini berbeda dengan nggak doyan makan, namun memang ada sebagian orang yang alergi terhadap suatu jenis makanan meskipun orang tersebut doyang untuk memakannya.

Jadi ini bukanlah tentang rasa dari makanan tersebut, melainkan jenis makanan tersebut bisa memberi dampak buruk pada tubuh.

Lalu apa sajakah jenis-jenis makanan yang sering menimbulkan alergi pada tubuh manusia?

5 Jenis Makanan Yang Kerap Sekalai Menimbulkan Alergi :

1. Telur

alergi telur

Meskipun telur merupakan salah satu dari sumber protein yang sangat mudah untuk kita dapatkan karena memang harganya yang terjangkau dan sangat mudah juga untuk memasaknya.

Namun sayangnya jika kita terlalu banyak mengonsumsi  telur bisa memnyebabkan alergi yang berupa masalah dermatitis atopik yang akan membuat kulit menjadi bersisik, kering, gatal-gatal, dan terkelupas khususnya terhadap anak-anak.

2. Susu Sapi

susu sapi

Kandungan protein pada susu seperti lactalbumin, lagtoglobulin, casein, dan whey ternyata bisa mengakibatkan masalah alergi pada orang-orang tertentu.

Alergi susu biasanya bisa terlihat dengan batuk berdahak, gatal-gatal, serta munculnya diare.

Padahal susu adalah salah satu minuman yang sudah banyak disukai oleh sebagian orang terlebih anak-anak.

3. Makanan Laut

alergi makan seafood

Makanan laut seperti cumi, udang, kerang, lobster, atau kepiting adalah makanan-makanan yang sangat enak untuk disantap.

Namun sayangnya tidak semua orang bisa mengonsumsi jenis makanan laut ini karena mereka mengalami alergi terhadap makanan laut.

Orang yang alergi dengan makanan laut biasanya mengalami gejala kulit yang menjadi kemerah-merahan serta gatal-gatal.

4. Gandum

gandum

Meskipun gandum dikenal dengan makanan yang sehat serta sudah menjadi makanan pokok bagi sebagian orang, namun ternyata gandum bisa mengakibatkan alergi pada tubuh, orang yang alergi terhadap gandum maka dia akan mengalami gejala gatal-gatal, mual, sampai sesak nafas.

5. Kacang

kacang kacangan

Beberapa jenis makanan yang berbau kacang termasuk kue kacang  juga bisa mengakibatkan alergi pada tubuh seperti kulit menjadi kemerahan, bengkak-bengkak, dan sesak nafas yang berbahaya.

Dan inilah lima jenis makanan yang paling sering mengakibatkan alergi pada tubuh manusia.