Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Kebiasaan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes

Orang yang menderita diabetes adalah orang yang harus benar-benar menjaga pola makannya, mereka harus pintar-pintar untuk mengatur kadar gula darah agar tetap terkendali dan tidak mengalami gejala-gejala yang bisa mengakibatkan bahaya pada kesehatan tubuhnya atau memicu komplikasi yang mengerikan.

Jadi sebab inilah yang membuat penderita diabetes adalah termasuk orang-orang yang kurang beruntung, lalu kegiatan apa sajakah yang harus dihindari oleh orang yang terkena penyakit diabetes?

diabetes

4 Kebiasaan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes :

1. Makan Pada Larut Malam

makan malam

Jadi bukan hanya asupan makanannya saja yang harus dijaga, waktu makan juga sebaiknya harus diperhatikan oleh penderita diabetes.

Sangat disarankan untuk penderita diabetes agar tidak makan pada waktu yang sudah larut malam terlebih pada waktu yang sudah sangat mendekati waktu tidur, karena dikhawatirkan kadar gula darah bisa melonjak dengan sangat cepat sehingga dapat memicu berbagai masalah yang lebih parah pada diabetes tersebut.

2. Sembarangan Makan Daging dan Makanan Berlemak

makan makanan yang berlemak

Penderita penyakit diabetes harus selalu mempertimbangkan dengan cermat dan tepat berapa daging serta kandungan lemak dari makanan yang merekan konsumsi setiap hari.

Jika penderita diabetes terlalu banyak mengonsumsi protein maka keseimbangan gula dalam darah bisa terganggu, padahal daging adalah makanan yang mengandung banyak protein.

Selain itu, makanan yang kaya akan lemak bisa meningkatkan kolesterol yang bisa memicu masalah yang cukup besar pada tubuh.

3. Tidak Mengonsumsi Sarapan

jarang sarapan

Banyak yang berpikiran bahwa penderita diabetes harus benar-benar membatasi mengonsumsi makanan berat, khususnya nasi pada waktu sarapan sehingga banyak orang penderita diabetes yang tidak mau sarapan.

Padahal jika mereka tidak pernah sarapan, maka bisa jadi kadar gulanya akan menurun secara signifikan dan bisa saja memicu masalah kesehatan seperti syok hipoglikemik.

Jika penderita diabetes sudah mengalami syok ini maka mereka bisa juga mengalami kejang-kejang yang sangat parah.

4. Tidak Mendapat Asupan Gizi Yang Cukup

kekurangan gizi

Mungkin disebabkan karena harus benar-benar menata pola makannya dengan lebih teliti, pada akhirnya penderita diabetes jadi takut untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan.

Sehingga yang terjadi malah mereka kesulitan untuk mendapatkan mineral, karbohidrat, dan vitamin dalam jumlah yang cukup setiap hari.

Hal ini juga bisa mengakibatkan gejala diabetes menjadi lebih parah.

Itulah empat hal yang sebaiknya mulai kamu perhatikan juga jika kamu merupakan salah seorang yang terkena diabetes.