Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Manfaat Berenang Untuk Otak

Berenang adalah jenis olahraga yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, selain bisa membuat badan kita menjadi lebih segar kita juga bisa menghilangkan rasa lelah dengan berenang.

Olahraga berenang juga bisa berdampak baik pada kesehatan otak kita, sebab berenang mampu mempengaruhi neurotransmitter yang bisa menentukan suasana hati dan tingkat stress.

Jika kamu rutin berenang maka kamu akan mendapatkan manfaat berenang untuk kesehatan otak kamu.

lalu apa sajakah manfaat berenang bagi otak?

manfaat berenang

3 Manfaat Berenang Untuk Otak

1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Gerakan yang dilakukan berulang-ulang ketika sedang berenang ternyata bisa membuat aliran darah menuju otak menjadi semakin lancar dan hal inilah yang akan berpengaruh besar pada peningkatan kemampuan memori serta otak akan lebih fokus saat melakukan berbagai kegiatan.

Dengan rutin berenang neuron yang hilang pada hippocampus otak akan tergantikan dengan neuron yang baru dan mengakibatkan memori serta kemampuan belajar kita akan dalam kondisi yang baik bahkan bisa sampai kita tua.

2. Meningkatkan Kemampuan Visual dan Motorik

Gerakan renang yang biasa kita lakukan ternyata bisa mendukung perkembangan saraf serabut pada bagian otak yang bekerja mengkomunikasikan otak kiri dan otak kanan.

Jika otak kiri dan otak kanan serta keempat bagian lobus otak bisa melakukan koordinasi yang baik maka hal ini akan membuat kemampuan motorik dan visual seseorang akan sangat meningkat secara signifikan.

Oleh sebab itu anak-anak sangat disarankan untuk rutin melakukan olahraga renang minimal sekali dalam seminggu karena akan membuat keterampilan menggambar, memotong kertas, mewarnai, serta keterampilan yang lain juga akan sangat meningkat.

3. Meningkatkan Mood

Tubuh akan lebih banyak melepaskan hormon endorphin jika berenang, hormon endhorphin adalah hormon yang mengatur mood, stress, serta kecemasan.

Jadi ketegangan atau stres dalam otak yang berpotensi depresi bisa dihilangkan dengan rutin melakukan olahraga renang.

Karena gerakan mengayunkan kaki dan tangan serta mengatur nafas saat berenang ternyata bisa memberikan efek seperti meditasi untuk tubuh.

Jadi mulai sekarang kalau rutinlah untuk melakukan olahraga renang agar mendapatkan ketiga manfaat tersebut.